TANJUNGBALAI II
Wali Kota Tanjungbalai, Mahyaruddin Salim melantik 25 Pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Tanjungbalai di Aula Sutrisno Hadi, Kantor Wali Kota Tanjungbalai, Kamis (4/12/2025)
Dalam kata sambutannya Walikota mengatakan pelantikan ini merupakan yang keempat pada periode 2025–2030 dan menegaskan dalam menjalankan roda pemerintahan pemko tidak bekerja dengan asumsi melainkan berdasarkan aturan yang jelas.
“Pelantikan bukan sekadar pergantian atau pengisian jabatan semata, tetapi merupakan bagian dari implementasi sistem merit dalam manajemen ASN. Mutasi dan pengangkatan hari ini dilakukan melalui sistem digital terintegrasi yang memastikan proses berjalan transparan, akuntabel, cepat, yang sesuai dengan pedoman peraturan presiden republik indonesia nomor 116 tahun 2022 dan surat edaran kepala badan kepegawaian nomor 7 tahun 2024,” ujar Mahyaruddin Salim.
“Jabatan tinggi pratama, jabatan administrator, jabatan pengawas dan Kepala Puskesmas di lingkungan pemerintahan merupakan komponen strategis dalam arsitektur birokrasi. “Sistem berdasarkan kompetensi, kualifikasi, integritas dan kinerja menjadi pegangan mutlak dalam pengisian jabatan,” sambungnya.
Mahyaruddin menekankan bahwa mewujudkan Visi Tanjungbalai EMAS diera fiskal yang tidak stabil saat ini memang sulit. Pelantikan yang dilaksanakan adalah upaya atau jalan mewujudkan visi misi kami, tentu daripada itu para pejabat yang baru dilantik tetap maksimal bekerja ditempat kerjanya, bertanggungjawab sehingga apa yang menjadi buah pikiran dapat berjalan sesuai harapan kita
“Saya tau saat ini banyak macam-macam asumsi tentang saya, saya dibilang keras, tidak bisa diintervensi dan lain sebagainya. Untuk itu perlu kolaborasi antara kita semua untuk bersinergi mendukung terlaksananya program dan Visi besar Tanjungbalai EMAS,” tegasnya.
Walikota mengatakan apa yang kita kerjakan hingga saat ini adalah sesuatu yang tentu tidak disukai semua orang, misalnya anggapan Pak Wali ini bisanya gali sana gali sini, terkait penataan dan penertiban Kota melalui kegiatan pengkorekan saluran drainase yang hingga saat ini masih terus berlanjut. Tapi, apa sekarang yang kita rasakan dapat kita lihat hasilnya, sesuatu yang baik akan terus kita lanjutkan untuk Kota Tanjungbalai yang kita cintai ini
“Tentunya saya melantik semua pejabat hari ini dengan dasar penilaian, tolak ukur, kinerja dan pengamatan selama ini, karena penentuan jabatan ini sudah saya lihat kurang lebih 10 bulan sejak dilantik,” ungkapnya
Ia menegaskan bahwa evaluasi akan dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk penguatan tata kelola, setiap triwulan sesuai ketentuan Permenpan nomor 6 tahun 2022 dan inspektorat akan melakukan audit kepatuhan pada OPD secara rutin
Sejumlah hal yang harus menjadi perhatian dan harapan Wali Kota kepada para pejabat yang dilantik, hal ini merupakan wujud nyata komitmen pemerintah Kota Tanjungbalai dalam mewujudkan tata kelola kepegawaian yang modern, berbasis digital, serta berorientasi pada integritas dan profesionalisme ASN.
Dengan sistem ini, setiap langkah pengangkatan pejabat dapat dipertanggungjawabkan, dalam pelaksanaa reformasi birokrasi kita. Sebagai pejabat yang baru dilantik, saudara memiliki tanggung jawab besar untuk mendukung tercapainya Visi dan Misi Wali Kota dengan sikap profesional, loyal, dan menunjukkan integritas dalam setiap langkah.
“Saya berharap agar pejabat yang dilantik bekerja atas dasar profesionalisme dan integritas, loyalitas dan dedikasi, cepat dan tanggap terhadap masalah sosial, berorientasi pada hasil dan aktif jangan hanya menunggu instruksi namun mampu mencari solusi, dan menghadirkan inovasi agar birokrasi kita semakin sederhana, lincah, dan berorientasi hasil,” harapnya.
Mengakhiri pidato ini, Waliota juga berharap pelantikan hari ini memberi semangat kepada saudara untuk memberikan perubahan ke arah lebih baik di unit kerja masing-masing. Tetap jaga kolaborasi antar OPD demi tercapainya visi Tanjungbalai EMAS/
Para pejabat struktural yang dilantik, untuk jabatan tinggi pratama yakni Susanto, S.E sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Zul Abdiman, S.Kom, M.M sebagai Kepala Dinas Sosial dan Mariani, S.Si, M.Si Kepala Sadan Perencanaan Pembangunan, Riset dan lnovasi Daerah.
Untuk jabatan administrator dan Pengawas diantaranya Muhammad Fathi Simamora, S.Pd Sekretaris pada Dinas Sosial, lka Lestari, S.P Sekretaris pada Dinas Perpustakaan dan Arsip, Ahmad Suangkupon, S.IP, M.A.P Sekretaris pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Mahdaleni Lubis, SE Sekretaris lnspektorat, Indra Adiguna, S.STP, MM Sekretaris Dinas Komunikasi dan lnformatika, Dewi Yanti, SH Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Syamsul Efendi, SE Camat Datuk Bandar, Muhammad Ali Damanik SH Camat Datuk Bandar Timur, Habelki Taherawan Sinaga Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Perikanan pada Dinas Perikanan.
Bahriyun Yus Dalimunthe SH, MM Kabid Pembinaan Pelatihan, Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Dinas Ketenagakerjaan, Aulia lkram Pulungan, S.IP Kabid Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan pada Dinas Ketenagakerjaan, Hara Rizky Siregar SE, M.Si Kabid Perbendaharaan pada BPKPD Kota Tanjungbalai, Immanuel Tarigan
S.Sos, MSP Kabid Pengelolaan Pembudidayaan lkan pada Dinas Perikanan, Amat Sukri, SH Kabid Pemadam Kebakaran pada Satuan Polisi Pamong Praja, Abriyansyah, S.M Kabid Penegakan Konflik pada Satuan Polisi Peraturan Perundang-Undangan Daerah Satuan Polisi Pamong Praja, Hafnidar, SE, M.I Kom Kabid Keluarga Berencana pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Mahnim Pane, SE, MM Kabid Aplikasi lnformatika pada Dinas Komunikasi dan lnformatika, Nurleli, S.Ag Lurah Beting Kuala Kapias Kecamatan Teluk Nibung, Azhari Sitorus, S.M Kepala Sub Sagian Program dan Keuangan pada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Sri Astuti, SE Kepala Sub Sagian Program dan Keuangan pada Sadan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.
Selanjutnya, untuk jabatan Kepala Puskesmas yakni Ade Irma, S.Kep, Ners Kepala Puskesmas Kampung Persatuan serta Irma Suriyani Simanjuntak, S.Kep,Ners, M.K.M Kepala Puskesmas Kampung Baru. (TF)





