Media Online Jurnal X
Rabu, 19 November 2025
No Result
View All Result
  • BERITA
  • BERITA PERISTIWA
    • Narkoba
  • BERITA NASIONAL
  • BERITA REGIONAL
    • Pematang Siantar
    • Kabupaten Simalungun
    • Asahan
    • Tebing Tinggi
    • Medan
    • Labuhan Batu
    • Tanjung Balai
    • Tapteng
  • OLAHRAGA
Media Online Jurnal X
No Result
View All Result
Media Online Jurnal X
No Result
View All Result
  • SMSI
  • PERISTIWA
  • KRIMINALITAS
  • SIANTAR
  • SIMALUNGUN
  • SUMATERA UTARA
  • REGIONAL
  • NASIONAL
Home BERITA
Ilustrasi Polri. (Foto Ist)

Ilustrasi Polri. (Foto Ist)

Respon Keluhan Masyarakat Polisi Kalah Cepat Dengan Damkar, Wakapolri : Kami Akan Lakukan Perbaikan !

Jurnalx.co.id by Jurnalx.co.id
19 November 2025 | 11:38 WIB
in BERITA, Jakarta
A A
ADVERTISEMENT
Bagikan ke Whatsapp

JAKARTA II

Wakapolri Komjen Dedi Prasetyo, mengakui kepolisian masih lambat dibandingkan Pemadam Kebakaran (Damkar) dalam merespons aduan masyarakat. Hal inilah yang membuat masyarakat lebih memilih mengadukan masalah ke Damkar daripada ke polisi.

Hal ini dikatakan Dedi saat rapat bersama dengan Komisi III DPR RI, Wakil Kejaksaan Agung dan Kepala Badan Pengawas MA di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (18/11/2025).

“Di bidang SPKT dalam laporan masyarakat lambatnya quick response time. Quick response time standar PBB itu di bawah 10 menit, kami masih di atas 10 menit, ini juga harus kami perbaiki,” kata Dedi di dalam Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Jakarta, Selasa (18/11/2025).

Dedi mengatakan dirinya memaklumi apabila masyarakat lebih suka melaporkan masalahnya kepada Damkar.

Hal ini lantaran pelayanan call center 110 dinilai lebih mudah dijangkau masyarakat.

“Kemudian optimalisasi pelayanan publik berbasis digital adalah 110, saat ini masyarakat lebih mudah melaporkan segala sesuatu ke Damkar, karena damkar quick response-nya cepat,” katanya.

Kemudian, Dedi juga membeberkan penegakkan hukum (Gakkum) dan pelayanan publik masih menjadi catatan merah untuk Polri.

Ia pun mengungkap pihaknya menggandeng Litbang Kompas guna menilai pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), penegakan hukum (Gakkum), dan pelayanan publik. Dalam hal ini, diakui Dedi memang masih perlunya perbaikan lantaran penilaian kinerjanya masih buruk.

“Gakkum dan pelayanan publik menjadi catatan merah bagi kami, harus kami perbaiki. Ini di bulan Februari, Maret, April kami sudah menemukan hal tersebut. Inilah langkah-langkah ini harus segera kami perbaiki,” kata Dedi.

Dalam hal ini, Dedi menyebut temuan tersebut sebagaimana sesuai dengan akumulasi dari hasil riset, pengaduan masyarakat, dan evaluasi internal. Polri melihat persoalan itu dari dua perspektif, seperti invert looking atau sisi masyarakat, dan out of looking atau sisi internal.

“Dari invert looking, masyarakat melihat ada 11 permasalahan yang harus diselesaikan oleh polisi, balk itu kekerasan, pungli, kemudian penggunaan kekuatan secara berlebihan dan lain sebagainya,” katanya. (*/RM)

Share7Tweet5SendShare

Berita Terkait

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jean Calvijn Simanjuntak saat paparan kasus pembunuhan mahasiswa UMA dengan menghadirkan tersangka dilokasi kejadian (Foto Ist)
BERITA KRIMINALITAS

Gegara Terlilit Hutang Cicilan Sepeda Motor, Mahasiswa UMA Dibunuh Sahabatnya Usai Hisap Ganja 

19 November 2025 | 22:44 WIB

MEDAN II Unit Jatanras Polrestabes Medan berhasil menangkap seorang pemuda, Muhammad Rasya Hasibuan alias SYA (18) diduga terlibat dalam kasus...

Read more
Dittipdnarkoba Bareskrim Polri Turun Gunung ke Polres Tanjungbalai
BERITA

Kuatkan Strategi Perangi Narkoba, Dittipdnarkoba Bareskrim Polri Turun Gunung ke Polres Tanjungbalai

19 November 2025 | 21:55 WIB

TANJUNGBALAI II  Upaya Polres Tanjungbalai dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba semakin diperkuat. Hari ini, Rabu (19/11/2025) Tim Asistensi khusus...

Read more
Wakil Wali Kota Tanjungbalai, Muhammad Fadly Abdina menerima audiensi dari Pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Tanjungbalai
BERITA

Wakil Walikota Terima Audiensi Pengurus PPI Tanjungbalai

19 November 2025 | 21:40 WIB

TANJUNGBALAI II Wakil Wali Kota Tanjungbalai, Muhammad Fadly Abdina menerima audiensi dari Pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Tanjungbalai, bertempat...

Read more
Wali Kota Tanjungbalai, Mahyaruddin Salim didampingi Wakil Wali Kota Muhammad Fadly Abdina memberikan plat cenderamata kepada Pimpinan Ombudsman RI Jemly Hutabarat
BERITA

Minta Pelayanan Publik Ditingkatkan, Wali Kota Tanjungbalai Terima Kunker Pimpinan Ombudsman RI dan Sumut

19 November 2025 | 21:32 WIB

TANJUNGBALAI II Wali Kota Tanjungbalai, Mahyaruddin Salim didampingi Wakil Wali Kota Muhammad Fadly Abdina menerima Kunjungan kerja (Kunker) Pimpinan Ombudsman...

Read more
  • Redaksi
  • Pedoman
  • Policy
  • Terms

© 2016-2024 Jurnal X

rotasi barak berita hari ini danau tobasumber berita

No Result
View All Result
  • BERITA
  • BERITA PERISTIWA
    • Narkoba
  • BERITA NASIONAL
  • BERITA REGIONAL
    • Pematang Siantar
    • Kabupaten Simalungun
    • Asahan
    • Tebing Tinggi
    • Medan
    • Labuhan Batu
    • Tanjung Balai
    • Tapteng
  • OLAHRAGA

© 2016-2024 Jurnal X

rotasi barak berita hari ini danau tobasumber berita