TANJUNG BALAI
Sejumlah wartawan dari berbagai Media, mengikuti Media Workshop Tahun 2020, yang diadakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Tanjung Balai dan dihadiri BPJS se Indonesia.
Acara itu digelar di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kabupaten Asahan Komplek Graha Nuri Indah No.7, Jalan Lintas Sumatera, Desa Sei Renggas, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Kamis (22/10/2020) sekitar pukul 8.00 Wib.
Penyelenggaraan kegiatan tersebut juga dalam rangka meningkatkan silaturahim dan kemitraan BPJS Kesehatan dengan media serta untuk memberikan informasi tentang program JKN KIS, yang berlangsung selama dua hari, hingga Jumat (23/10/2020) sekitar pukul 08.00 Wib.
Workshop yang digelar BPJS Kesehatan Cabang Kota Tanjung Balai mengambil 2 sesi yaitu, untuk Thema pertama,” Menjaga Keberlangsungan Program JKN KIS, dengan mendengar Nara sumber dari Pakar Asuransi Kesehatan Hasbullah Thabrany, Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo, Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, Ketua Tim Kendali Mutu Kendali Biaya Pusat Adang Bachtiar dan dari Pakar Kebijakan Publik Agus Pambagio, dipandu Mediator.
Dari hasil keseluruhan Mediator berkesimpulan, dengan adanya giat ini, perlu ada upaya upaya untuk terus meningkatkan kualitas pelaksanaan program dan kerja sama dari stikholder, Pemerintah dan BPJS kesehatan ataupun dari KPK sebagai yang mengawasi agar berjalan secara sinergis untuk membawa program ini kearah yang lebih baik.
” Jangan lupa, peran media juga menjadi hal yang sangat penting dalam memberitakan dan membawa opini positif dalam program jaminan kesehatan nasional “, Ucapnya menutup.
Untuk Sesi Kedua, dengan mengambil Thema,” Peran Jaminan Sosial Kesehatan di Era Pandemi Covid-19 “, dan sebagai Nara sumber Budi Hidayat dari Pakar Asuransi Kesehatan, TB A. Chusni (Deputi Il Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan), serta Tim Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional/Kementerian Kesehatan.
Setelah tanya jawab dari melalui Online Workshop sesi kedua, moderator menyimpulkan, Perbaikan kepada akses pada bidang masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan termasuk juga pada kondisi pandemi ini, harus berbarengan, dikoordinasikan juga dengan strategi-straregi dan langkah-langkah pencegahan yang sudah dilakukan Pemerintah
Namun juga, harus jadi perhatian kita bersama pada titik-titik kritis yang terjadi pada jaminan kesehatan khususnya di era pandemi yaitu pada pemanfaatan pelayanan kesehatan dan juga dari segi verifikasi serta pembayaran administrasi pelayanan dari rumah sakit maupun dari fasilitas kesehatan, Tutupnya.
Turut hadir dalam acara kegiatan Workshop tersebut, Amri Pohan, Kepala bidang SDM, Umum dan Komunikasi publik Kantor Cabang Tanjung Balai, dan para wartawan dari berbagai Media se Indonesia.
Penulis : Irawan
Editor : Freddy Siahaan