TANJUNG BALAI
Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terkait program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) saat situasi Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai mengajak Media untuk ikut berperan dalam melakukan peningkatan pelayanan.
Hal ini disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai, Amri didampingi Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Kesehatan, Aswin Fakhrizal Siregar, Kepala cabang BPJS Kabupaten Asahan, Inri dan Humas BPJS Saidesi, Jum’at (13/11/2020).
Dikatakannya, BPJS Kesehatan selalu berupaya melakukan yang terbaik untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Bahkan tanpa penyesuaian iuran pun BPJS Kesehatan selalu mencari cara untuk memberikan kemudahan kepada peserta JKN-KIS.
Saat ini BPJS Kesehatan sudah bekerjasama dengan hampir seluruh faskes tingkat lanjut yang ada terdiri dari Rumah Sakit dan Puskesmas dan klinik baik negeri maupun swasta. Upaya BPJS Kesehatan yang selalu mencari cara untuk memberikan kemudahan kepada peserta JKN-KIS.
Sebenarnya jika dibandingkan dengan total peserta JKN-KIS yang ada, jumlah faskes sudah cukup. Hanya saja tetap memberikan kemudahan kepada peserta dan hal ini sudah kami sampaikan kepada dinas kesehatan agar setempat;
“BPJS Kesehatan selalu meningkatkan kualitas pelayanannya melalui penyediaan display tempat tidur dan antrean online. Keberadaan BPJS Satu untuk penanganan pengaduan dan pemberian informasi kepada peserta, dan mengoptimalkan kanal informasi yang dapat diakses dari Snartphone melalui Play Store oleh peserta salah satunya Mobile JKN. Nanti semuanya download Mobile JKN ya “, Ucap Aswin.
Amri menambahkan kehadiran Mobile JKN sangat membantu mencari informasi tentang kepesertaan Program JKN-KIS dan Aplikasi Mobile JKN merupakan wujud nyata dari komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta.
‘Melalui aplikasi ini, peserta JKN-KIS dapat mengakses beragam informasi terkait program jaminan kesehatan nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan secara cepat dan mudah serta dimanapun dan kapanpun,”tambahnya.
Dikatakannya lagi, Mobile JKN-KIS memberikan 5 fasilitas kepada para peserta JKN-KIS diantaranya, Aplikasi Mobile JKN melayani pendaftaran dan perubahan data peserta. Selain itu, aplikasi ini dapat memberikan informasi data peserta dan keluarga. Ketiga, Mobile JKN juga melayani cek tagihan dan pembayaran iuran.
Mobile JKN memberikan kemudahan mendapatkan layanan fasilitas kesehatan atau KIS digital dan kita dapat menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi JKN KIS melalui aplikasi ini. Inilah manfaat dan keuntungan dalam menggunakan aplikasi Mobile JKN tersebut, dengan kehadirannya kita dapat terbantu, baik diri pribadi maupun keluarga untuk mencari informasi tentang kepesertaan Program JKN-KIS.
“Mari daftarkan diri menjadi peserta Program JKN-KIS dan dengan Aplikasi Mobile JKN ini, salah satunya adalah lebih praktis untuk memeriksa aktif atau tidak aktifnya JKN-KIS kita. Kemudian informasi yang diberikan selalu terbaru dan aplikasi ini sangat memudahkan bagi orang awam,”katanya Amir.
Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kabupaten Asahan, Inri menambahkan bahwa BPJS Kesehatan membutuhkan bantuan media, untuk menyampaikan dan mensosialisasikan program JKN-KIS agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan tidak hanya itu BPJS Kesehatan meminta media untuk ikut mengawasi pelaksanaan program JKN-KIS.
“Apabila ada masyarakat yang tidak dilayani tolong kami diinfokan sesegera mungkin agar kami dapat tindaklanjuti dan langsung tuntas,”ujar Inri.
Lanjutnya, melalui Mobile JKN, peningkatan kualitas pelayanan kepada peserta. Tidak hanya di kantor saja, peseta tidak lagi susah-susah hanya didapat dari Aplikasi tersebut. “Kalau bisa pelayanannya lebih ditingkatkan. Soalnya saya punya pengalaman tidak enak di rumah sakit. Kalau bisa prosedur yang panjang bisa dipangkas sehingga peserta bisa lebih cepat mendapatkan pelayanan ,”tegas Indri mengakhiri.
Penulis : Irawan
Editor : Freddy Siahaan